Minggu, 11 Juni 2023

GLOWING

Kemarin ketemu temen SMA pas kita maksi bareng karena ada temen yang datang dari Jakarta. Kata pertama yang diucapkan adalah, "Kok glowing saiki kowe Nit?". "Ah, masak?", jawabku. Sampai lupa bilang terimakasih dan alhamdulillah, karena gak nyangka aja gitu. Rumangsaku raiku jik bluwek koyo biasane, wkwk..


Beberapa waktu sebelumnya, ada temen SMA juga japri aku via WA, nanya, "Eh jeng.. mau nanya, kulitmu glowing, pakai apa?". Heran dong eike, merasa gak glowing, merasa ireng (hitam) malahan, hehe. Dia bilang lagi, "Ora, tenan, sehat ora dempulan". Temen ini memang sebelumnya ketemuan ama aku di kafenya. Padahal dulu juga udah pernah nanya, memang sempet ganti pelembab. Katanya dia lagi tunggu hasilnya, dan sekarang udah keliatan, baru nanya. Asemok, jebul aku nggo percobaan, haha..


Jadi sebenernya, kulitku ki ireng dari lahir. Mirip papaku. Kalo mamaku putih. Jadi anak ceweknya separo-separo, yang 2 orang putih mirip mama, yang 2 orang lagi item, mirip papa. Aku kebagian item (hitam). Sebenernya item sih gak papa asal gak jerawatan, tapi saat SMA, kulit wajahku mulai geradakan. Karna malas bersihin muka, hanya pake sabun mandi, gak pernah pake skincare apapun. Cuman pake bedak bayi aja, wis.


Waktu kuliah, mulai deh jerawat muncul. Banyak, tapi kecil-kecil, rata seluruh wajah. Gitu juga masih belum aware terhadap perawatan kulit. Baru deh pas kuliah, punya pacar, dipegang pipiku kok kroso. Kayak parutan kambil (kelapa), wkwk..


Bingung dongg, pake apa. Mulai sih, rajin bersihin muka, pake masker bengkoang seminggu sekali. Tapi jerawat tetap membandel. Sepertinya sudah jadi jerawat batu, sangking lamanya, hehe..


Akhirnya menjelang lulus kuliah, kakakku yang udah merit dan kerja bilang, "Sana ke salon, facial, perawatan, ampe hilang jerawatnya, nanti aku yang bayarin". Waini, tawaran menggiurkan. Tapi kemana? Aku gak mau kulit wajahku malah jadi rusak nantinya. Kakakku yang lain kasih saran, "Ke Larissa aja, temenku kesana karna jerawat gede-gede, salah pilih make up, sembuh loh sekarang". Oke deh, karna udah ada testimoni, dan itu temen kakakku sendiri, berani deh kesana, cuz..


Awal facial, ya Allah, kaget. Sakitnya minta ampun bok. Tapi karna efeknya berasa, ya maju terus pantang mundur. Pake krim pagi sensitif, bedak tabur, obat jerawat & krim malam. Ketika krim malam terasa perih, disuruh berhenti sama Bu Puji (owner Larissa). Plus krim pagi sensitif ternyata di leher juga gak kuat, alhasil hanya pakai di wajah saja. Waktu itu facial 2 minggu sekali, selama 2x. Setelah itu sebulan sekali. Setelah 3x perawatan, saat wudhu aku heran, masyaallah, kok alus banget, serasa gak punya wajah, alahdene biasane selalu geratakan, haha..


Alhasil, pelembab sensitif, obat jerawat, dan bedak tabur dari salon setia menemaniku hingga aku menikah dan hamil anak sulungku. Dah itu doang. Ketika hamil anak sulung usia kandungan 7 bulan, ada acara 7 bulanan di Jogja, aku lupa bawa bedak, pake bedak compactnya adik ipar, Caring Two Way Cake No.2, pink shell. Lha kok apik, difoto glowing wajahku. Yawdah, sampai Jakarta aku beli bedak Caring itu setelah sebelumnya konsul ke Larissa, secara kulit wajahku sangat sensitif, gampang jerawatan. Katanya gak papa pakai, setelah pakai bedak tabur yang dari salon. Nah, 3 rangkaian ini setiap kupakai sampai dengan aku pensiun dini.


Sampai akhirnya tahun 2018 aku harus ganti dengan kosmetik yang non alkohol. Karna aku kena dry eyes yang gak diketahui penyebabnya. Bisa karna pengaruh pil KB bertahun-tahun, pemakaian contact lense yang mungkin kurang bersih, atau pemakaian kosmetik. Konsumsi pil KB dan pemakaian contact lense aku hentikan. Dan mulailah aku pakai pelembab aloe vera (lidah buaya) Inisfree dari Korea yang tanpa pewangi dan alkohol, plain aja gitu, tapi adem di wajah. Karna memang seiring usia, kulit wajahku menjadi lebih kering. Memakai pelembab sensitif salon tidak membantu, malah kadang mengelupas. Atas saran embak facial Larissa, katanya aloe vera bagus untuk kulit wajah kering baik karena perubahan iklim, maupun karna usia.


Sedangkan bedak tabur salon kuganti bedak Marck saja. Yang sudah jelas merknya, bisa dibeli dimana saja, dan jelas bahan serta ijin edarnya. Bedak compact tetap. Tapi sekarang kuganti Max Factor No.3, natural, oleh-oleh dari UK kakakku, yang ternyata bagus banget, mungkin ini yang membuat terlihat lebih glowing, hihi..


Ohya, seminggu sekali aku juga maskeran pake masker bengkoang Mustika Ratu yang serbuk, nanti diencerkan dengan air mawar Viva. Ini dulu pernah kupakai bertahun-tahun dari remaja sampai nikah. Kutinggalkan ketika udah kerja, malas, mending ke salon, facial. Ternyata, kemarin liat di YouTube, air mawar bagus untuk mencerahkan kulit, bayangkan kalo dicampur dengan masker bengkoang, mesti lebih bagus lagi. Pemikiran awamku, wkwk..


Jadi perawatan kulitku hanya,

1. Membersihkan muka pakai micellar water by Nivea yang 0% residu dan 0% alkohol tiap mau mandi

2. Memakai masker wajah Mustika Ratu yang bengkoang serbuk diencerkan pakai air mawar Viva, seminggu sekali

3. Lanjut saat mandi pakai sabun muka punya anakku, memanfaatkan yg ada aja, bentuk batangan. Sebelumnya masih pakai sabun muka larisa yang bar soap

4. Lanjut pelembab bibir Oriflame Tender Care

5. Lanjut pelembab muka Korea Inisfree Aloe Revital Shoothing Gel, pesticides-free, non alkohol, tanpa pewangi

6. Kalo gak kemana-mana berhenti disitu, tanpa bedak, tanpa lipstik

7. Kalo mau pergi, lanjut bedak tabur Marck warna putih

8. Lanjut bedak Max Factor Facefinity Compact No.3 Natural

10. Lanjut lipstik, dah itu aja, hehe..


Semoga bermanfaat,

Salam sehat..






Yogyakarta, 9 Juni 2023

Ratih Menit Damayanti Buwono


Papa & mamaku almarhum saat tahun 2002, saat pernikahan emas mereka. Aku berkulit hitam, mirip papaku



Kiri aku dulu saat SMA kelas 2 tahun 1988 (17 tahun) dan kanan aku sekarang seorang istri dan ibu 2 orang anak yang sudah beranjak dewasa tahun 2023 (52 tahun)


0 komentar:

Posting Komentar

 

My Notes Template by Ipietoon Cute Blog Design