Sabtu, 13 Mei 2023

In Memoriam Pak Un

Almarhum Bapak Cornelius Untoro, ato yang akrab kita panggil Pak Un, adalah guru olahraga sekaligus pembina pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Beliau berpulang hari Selasa kemarin, 9 Mei 2023, semoga Alm mendapat tempat yang indah disisiNya, aamiin..


Banyak kenangan kami para anak didiknya di SMP 1, khususnya Angkatan 86. Beliau terkenal sangat disiplin, tegas bahkan kadang terkesan galak, meski kadang ada ndagelnya (lucunya) juga, hehe..


Yang masih kuingat sampai dengan sekarang adalah saat pelajaran olahraga, pasti kita semua disuruh lari dulu keliling lapangan bola yang ada di tengah sekolahan 10x. Harus lari bok, kalo ketahuan jalan, nanti malah diulang hitungannya mulai dari 1 lagi, hadeh..


Itu baru lapangan bola sekolah, gak standard. Kalo pas ujian ato ambil nilai, harus lari 10x keliling Lapangan Pancasila (sekarang Grha Sabha Pramana/GSP, UGM), jalan kaki dari sekolahan sampai kesana. Lebih capek, lebih modiar. Tapi khusus yang ikut eskul renang (gak wajib sih), cukup ambil nilai renang aja, gak perlu lari. Yawdah, aku ikut renang ajala. Cukup renang bolak-balik di kolam renang Colombo, ato "énggak" 3mnt (énggak itu gaya mengapung, bahasa Jawa). Nilainya beda sih, tapi udah dapat nilai 7 kok, lumayan, dahlah itu aja, daripada modiar, hehe..


Ada cerita lucu saat eskul renang ini. Saat itu masih ada kolam renang Colombo di Jogja (sekarang jadi Prime Plaza Hotel Jogja, gejayan). Kolam renang terbesar, terdalam waktu itu dan masih dikuras seminggu sekali. Karena kita cuma bayar 3rb/bulan kalo gak salah, jadi berenang saat hari Rabu, hari terakhir kolam mau dikuras. Yaa, agak-agak kotor gitu deh. Tapi namanya anak SMP ya cuek aja. 


Nah saat itu, masih pelajaran énggak, di kolam 3m, kolam paling dalam. Alm Pak Un ini dengan semangat kasih arahan dari atas kolam sambil melihat anak-anak yang lagi latihan. Tiba-tiba Beliau nunjuk ke bawah sambil teriak-teriak, "Eeh itu, ituuu". "Apa paakkk?", kita serempak nanya karena gak mudeng (gak ngerti). Pak Un masih teriak, "Itu, ituuu". Terakhir Beliau akhirnya bilang, "Untukuuu (gigikuuu)..". Oalah, rupanya gigi palsu Pak Un jatuh saat kasih arahan tadi, karna sangking semangatnya mungkin. Kolam renangnya dalamnya 3m loh, kita gada yang berani nyelamlah. Akhirnya anak-anak malah pada ketawa, liat gigi palsu Pak Un perlahan melayang tenggelam, dan momen langka liat Pak Un ompong! Singkat cerita, keesokan harinya dapat khabar, gigi palsu Beliau sudah ketemu. Ternyata ditungguin sampai kolam renang dikuras, hehe..


Sungguh, Beliau guru yang sangat fenomenal. Terkenal akan kegalakannya, tapi sekaligus dekat dengan murid-muridnya. Banyak cerita kami di seputaran Beliau. Bahkan kakak-kakakku 6 orang yang sekolah disini juga punya cerita-cerita unik tentang Beliau.


Nah temans, bagaimana ceritamu?






0 komentar:

Posting Komentar

 

My Notes Template by Ipietoon Cute Blog Design