Selasa, 14 Februari 2017

TUMPENG AMONG-AMONG


Kata kakakku, mbak rita, paling tidak sekali dalam seumur hidup, seseorang itu harus dibancaki, jenenge gawe tumpeng among-among. Jadilah Di ultahku kemarin yang ke-46, mbak rita memberikan hadiah tumpeng ini. Makasih mbak rita.. Filosofi jawa pembuatan tumpeng ini adalah untuk keselamatan diri. Kalau kita sekarang ya ambil aja sisi baiknya, silaturahmi, makan bersama keluarga besar, begitcu... Berikut ini beberapa filosofi jawa tentang uborampe tumpeng ini, yang baik ya kita ambil manfaatnya. Hasil wawancaraku dengan mbak rita, hehe..

Cobek tanah liat,
Bagian paling bawah dari tumpeng ini adalah cobek dari tanah liat, maknanya adalah sebagai pengingat jika manusia itu berasal dari tanah.

Kalo,
Kalo ini adalah alat penyaring santan tradisional dari bambu, dengan saringan yang cukup rapat. Maknanya adalah untuk menyaring hal-hal yang kotor dalam hidup ini. Manusia hidup di dunia ini harus bisa memiih dan memilah mana yang baik diantara yang buruk

Daun pisang,
Daun pisang yang utuh diletakkan diatas kalo, maknanya melambangkan kebulatan tekad. Sedangkan sisa-sisa daun pisang, yg kecil-kecil, sisa sesetan, atau sisa merapikan pincuk, diletakkan/ditinggal dibawah kalo, diantara cobek tanah liat dan kalo. Artinya adalah setelah dilakukan filter (dengan kalo tadi), maka hal-hal yang buruk harus kita tinggalkan.

Gudangan 7 macam sayuran,
Sayuran yang dipilih jenisnya bebas, tapi harus ada 7 macam jenis sayur yang berbeda-beda. Kemarin mbak rita memilih 7 macam sayuran itu adalah: bayem, kangkung, mbayung (daun kacang panjang), kacang panjang, wortel, kecambah, dan kobis. Maknanya adalah bahwa dalam hidup ini kita akan menemui bermacam-macam peristiwa, baik sedih maupun senang. Hidup ini bermacam-macam warnanya, tapi ibarat gudangan yang saling berdampingan, maka seharusnya keanekaragaman hidup ini serasi berdampingan juga. Karena yang dibuatkan tumpeng sudah dewasa, maka sambel gudangannya agak pedas, yang maknanya adalah supaya kuat menghadapi masalah dalam hidup ini.

Telur 7 butir,
Jumlah telur yang 7 ini dalam bahasa jawa disebut pitu. Artinya pitulungan. Maknanya adalah, dalam menghadapi masalah hidup, kita selalu memohon pada Allah SWT agar diberikan pitulungan (pertolongan). Sedangkan makna dari telur yang tidak dikupas adalah pengingat bagi kita untuk selalu mengupas masalah dahulu, sabar, sebelum menemui putihnya telur, yang dimaksud sebagai menemui titik terang (putih) dalam menghadapi masalah.

Tumpeng putih,
Setelah masalah dikupas, maka dilakukan pengerucutan pembahasan masalah untuk mencari solusi, yang dilambangkan dengan kerucut tumpeng nasi putih. Makna dari nasi putih ini adalah supaya pemikiran kita tetap putih, bersih, sebelum menuju puncak tumpeng.

Bawang merah (brambang) dan lombok abang,
Disematkan bawang merah utuh yang bundar di ujung tumpeng, melambangkan agar kita dalam mencari solusi masalah melihat dari segala aspek, mempertimbangkan dari segala arah terlebih dahulu. Sudut pandang yang bulat dilambangkan oleh bulatnya bawang merah. Untuk kemudian menemukan solusi yang tepat, dilambangkan dengan lombok abang yang tunggal dan menjulang tinggi. Hal ini menandakan tercapainya satu tujuan yang tepat. Jika semua perlambang diatas dilaksanakan maknanya, maka diharapkan soluisi yang tepat itu akan menjadi penerangan bagi seluruh alam semesta (dilambangkan dengan lombok abang tadi).

Ingkung ayam kampung utuh,
Lauknya adalah ingkung ayam kampung utuh. Ini yang paling enak dari semua yang enak diatas hehe.. Maknanya manusia dalam menjalani hidup harus manekung. Arti kata manekung dalam bahas Indonesia kira-kira adalah tekun dan takwa.

Gereh pethek,
Ini tidak wajib ada sebenernya, tapi kalo ada maka akan melengkapi rasa, hihi.. Iki enak tenan, perpaduan yang pas dengan gudangan pedes, dan ingkung manis, trust me..

Duit tukon,
Berupa uang secukupnya dimasukkan dalam amplop putih kecil dan diletakkan dibawah daun pisang, antara kalo dan daun pisang. Maknanya adalah buat pengamong kita, jika memang makanan yang ada kurang, maka bisa beli sendiri. Rodo mistis jane ki, hehe.. Tapi ini juga kadang jadi inceran kita-kita. Semua tergantung rejekinya tapi. Kemarin karena kita semua lupa, maka yang nemu adalah prt kita. Yo rapopo mbak, wis rejekimu, hehe..



Semoga makna-makna tersebut berguna bagi kita generasi muda (ehem) untuk melestarikan budaya, memahami dan menerapkan filosofi yang baik itu. Aamiin.



Yogyakarta,
30 January 2017


Tumpeng among-among komplit

Penampakan duit tukonnya, hehe..

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Notes Template by Ipietoon Cute Blog Design